Providensia Allah Menurut Calvin dan Implementasinya Bagi Warga Gereja Toraja di Tengah Pandemi Covid-19

Agung Jaya Jaya

Abstract


Pada tulisan ini penulis menguraikan tentang pandemi covid-19 dan Providensia atau pemeliharaan Allah merupakan hal yang mutlak terjadi dalam kehidupan manusia dari dahulu, sekarang dan yang akan datang. Berdasarkan pengamatan penulis di masa Pandemi covid-19 ini sebagian warga gereja Toraja yang berada di daerah kota mulai mempertanyakan kehadiran Tuhan sebagai Sang Pemelihara Kehidupan. Peristiwa ini diperparah dengan banyaknya korban meninggal, ekonomi terpuruk, pengangguran bertambah dan sebagainya. Berbagai spekulasi-spekulasi muncul, ada yang mengatakan Tuhan sedang menguji kita, Tuhan menghukum kita, Tuhan hanya berdiam diri melihat kita menderita dan sebagainya. Dalam penulisan ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan melakukan studi pustaka terhadap berbagai sumber-sumber yang terpercaya seperti jurnal, buku-buku dan sebagainya. Sumber-sumber tersebut berkaitan dengan pandemi covid-19 serta pemahaman Calvin tentang providensia Allah. Dalam mengimplementasikan pemahaman provindensia Allah Warga Gereja Toraja harus memandang Allah sebagai sang Maha Kuasa yang akan menolong kehidupan pergumulan mereka dalam suasana pandemi covid-19. Warga Gereja Toraja harus melihat Allah Sang Pemilik kehidupan yang akan mengatur, merawat dan menjaga kehidupan umatNya. Warga Gereja Toraja harus membuang pemikiran yang mengaitkan segala sesuatu dengan nasib dan sebuah kebetulan hidup ini. Kurangnya pemahaman tentang pemeliharaan Allah membawa mereka mulai mengalami kekhawatiran luar biasa padahal Allah sang pemilik kehidupan ini senantiasa memelihara hidup mereka sekalipun berada dalam suasana mencekam akibat pandemi covid-19.


Keywords


Pandemi covid-19, Providensia, Calvin.

References


Calvin, Yohanes. Instituo, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2009.

Christian de Jonge, de Christian. Apa itu Calvinisme?. Jakarta:BPK Gunung Mulia, 2020.

Niftrik, Van. C. G & Boland, J. B. Dogmatika Masa Kini. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010.

Hadiwijono, Harun. Inilah Shadatku. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2001.

Jhoni, Pranata Purba. Providensia di Mata Petani Karo di Sekitar Gunung Sinabung: (Suatu Kajian Dogmatis terhadap Providensia di Mata Petani Karo dari Teologi Calvin dan Implementasinya dalam Isi pewartaan GBKP) (2016).

Pakpahan, Roida, and Yuni Fitriani. “Analisa pemanfaatan tenologi informasi dalam pembelajaran jarak jauh di tengah pendemi virus corona covid 19.” Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research 4.2 (2020): 30-36.

Soedarmo, R. Ikhtisar Dogmatika. Jakarta:BPK Gunung Mulia, 2013.

Tanyit, Parel. “Providensia Allah dan Kehendak Bebas Manusia.” Jurnal Jaffray 2.2 (2005): 77-85.

Yewangoe, A Andreas. Menakar Covid Secara Teologis. Jakarta:BPK Gunung Mulia, 2020.




DOI: https://doi.org/10.51465/jtp.v3i1.47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Teologi Praktika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by: Sekolah Tinggi Teologi Tenggarong
Institution Website: https://stttenggarong.ac.id/
Address: Jl. Stadion RT. 12 Kel. Loa Ipuh, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
e-jurnal Website: http://jurnalstttenggarong.ac.id/index.php/JTP/index
e-ISSN: 2722-8908 p-ISSN: 2722-8916

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0). Copyright © Jurnal Teologi Praktika. All Rights Reserved.

 

     

 

View My Stats