Adaptasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan terhadap Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Tinggi Teologi

Matius Julianes, Basuni Basuni, Nuryasmi Nuryasmi, Rina Malini, Azainil Azainil

Abstract


Kemajuan pesat teknologi digital yang dipercepat oleh pandemi COVID-19 telah berdampak signifikan pada institusi pendidikan di seluruh dunia, termasuk perguruan tinggi teologi. Penelitian ini mengeksplorasi adaptasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIM) untuk mendukung pembelajaran jarak jauh di institusi pendidikan tinggi teologi di Indonesia. Melalui kajian literatur terhadap studi-studi relevan dan mutakhir, artikel ini mengidentifikasi tantangan dan peluang utama yang terkait dengan implementasi SIM dalam konteks pendidikan teologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adopsi SIM menawarkan manfaat yang substansial—seperti peningkatan aksesibilitas terhadap pendidikan, fleksibilitas jadwal belajar yang lebih baik, dan sumber daya pendidikan yang lebih kaya—namun juga menghadirkan tantangan yang signifikan. Tantangan tersebut meliputi infrastruktur digital yang tidak memadai, kebutuhan akan literasi digital di kalangan dosen dan mahasiswa, serta kesulitan dalam mengintegrasikan nilai-nilai teologis dalam kerangka digital. Lebih lanjut, penelitian ini menekankan bahwa adaptasi SIM yang berhasil dalam pendidikan teologi memerlukan pendekatan holistik yang melibatkan dukungan institusional, pelatihan berkelanjutan untuk staf, dan pengembangan strategis infrastruktur digital. Dengan mengatasi faktor-faktor ini, institusi teologi dapat memanfaatkan SIM secara efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memastikan keberlanjutan pembelajaran di era digital.


Keywords


Manajemen, Pendidikan, Transformasi Digital

References


Basrie, B., & Yusnita, A. (2018). Membangun Sistem Informasi E-learning Perkuliahan STMIK Wicida Samarinda. Sebatik, 22(1), 10-14. doi: 10.33772/sebatik.v22i1.35

Bozkurt, A., & Sharma, R. C. (2020). Emergency Remote Teaching in a Time of Global Crisis Due to CoronaVirus Pandemic. Asian Journal of Distance Education, 15(1), 1-6. doi: 10.5281/zenodo.3778083

Bozkurt, A., & Sharma, R. C. (2020). Emergency Remote Teaching in a Time of Global Crisis Due to CoronaVirus Pandemic. Asian Journal of Distance Education, 15(1), 1-6. doi: 10.5281/zenodo.3778083

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61. doi: 10.31004/edukatif.v2i1.89

Fadli, M. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan di Perguruan Tinggi Islam. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 12(1), 71-79. doi: 10.24036/jtip.v12i1.1119

Gani, A. G. (2018). e-Learning sebagai Peran Teknologi Informasi dalam Modernisasi Pendidikan. Jurnal Sistem Informasi, 3(1), 1-19. doi: 10.21009/JSI.031.01

Garcia-Peñalvo, F. J., Corell, A., Abella-Garcia, V., & Grande, M. (2021). Online Assessment in Higher Education in the Time of COVID-19: The Case of Spain. Education in the Knowledge Society, 22, Article e25416. doi: 10.14201/eks.25416

Hodges, C., Moore, S., Lockee, B., Trust, T., & Bond, A. (2020). The Difference Between Emergency Remote Teaching and Online Learning. Educause Review. doi: 10.1007/s11423-020-09810-4

Iivari, N., Sharma, S., & Ventä-Olkkonen, L. (2020). Digital Transformation of Everyday Life – How COVID-19 Pandemic Transformed the Basic Education of the Young Generation. International Journal of Information Management, 55, 102183. doi: 10.1016/j.ijinfomgt.2020.102183

Kusnayat, A., Muiz, M. H., Sumarni, N., Mansyur, A. S., & Zaqiah, Q. Y. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online di Era COVID-19. Jurnal Ilmu Komunikasi Makna, 5(2), 156-164. Link

Lederman, D. (2020). Will Shift to Remote Teaching Be Boon or Bane for Online Learning? Inside Higher Ed. Link

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). e-Learning, Online Learning, and Distance Learning Environments: Are They the Same? Internet and Higher Education, 14(2), 129-135. doi: 10.1016/j.iheduc.2010.10.001

Munirah, F. (2015). Analisis Isi Deskriptif Rubrik "XpReSi" Harian Kaltim Post Periode Maret-April 2013. E-Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 186-197. Link

Murphy, M. P. A. (2020). COVID-19 and Emergency eLearning: Consequences of the Securitization of Higher Education for Post-pandemic Pedagogy. Contemporary Security Policy, 41(3), 492-505. doi: 10.1080/13523260.2020.1761749

Nasionalita, K. (2014). Relevansi Teori Agenda Setting dalam Dunia Tanpa Batas. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 5(2), 156-164. Link

Rahmawati, I. (2019). Sistem Informasi Manajemen dalam Pendidikan: Tantangan dan Solusi di Era Digital. Jurnal Pendidikan, 6(1), 32-40. doi: 10.21009/jp.061.05

Simonson, M., Smaldino, S., Albright, M., & Zvacek, S. (2012). Teaching and Learning at a Distance: Foundations of Distance Education. 5th ed. Boston, MA: Pearson. doi: 10.1016/j.iheduc.2011.10.002

Singh, V., & Thurman, A. (2019). How Many Ways Can We Define Online Learning? A Systematic Literature Review of Definitions of Online Learning. American Journal of Distance Education, 33(4), 289-306. doi: 10.1080/08923647.2019.1663082

Siregar, E. (2020). Peran Teknologi dalam Pendidikan Jarak Jauh di Masa Pandemi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 50-60. doi: 10.24036/jtp.v5i2.1070

Suryatni, L. (2021). Teknologi Pendidikan sebagai Pelaksanaan Sistem Informasi dalam Perkuliahan Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sistem Informasi, 8(1), 10-14. doi: 10.21009/JIAPI.081.01

Susanto, A. (2020). Sistem Informasi Pendidikan dalam Mendukung Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Teknologi Informasi, 7(3), 45-53. doi: 10.24036/jti.v7i3.1035

Tahir, H. (2021). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital. Universitas Bina Bangsa. Link

Wahyudi, T. (2020). Transformasi Digital dalam Pendidikan: Tantangan dan Peluang. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 9(2), 110-117. doi: 10.24036/jpti.v9i2.1096




DOI: https://doi.org/10.51465/jtp.v5i2.172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Teologi Praktika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by: Sekolah Tinggi Teologi Tenggarong
Institution Website: https://stttenggarong.ac.id/
Address: Jl. Stadion RT. 12 Kel. Loa Ipuh, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur
e-jurnal Website: http://jurnalstttenggarong.ac.id/index.php/JTP/index
e-ISSN: 2722-8908 p-ISSN: 2722-8916

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0). Copyright © Jurnal Teologi Praktika. All Rights Reserved.

 

     

 

View My Stats