DOI:
https://doi.org/10.51465/1kcvmf85Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pendidikan teologi terhadap kompetensi pelayanan mahasiswa tingkat akhir di Sekolah Tinggi Teologi (STT) Pontianak, Kalimantan Barat. Pendekatan yang digunakan adalah mix methods, yaitu gabungan metode kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan dosen dan mahasiswa tingkat akhir serta dokumentasi akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas kurikulum, metode pengajaran, dan pengalaman praktik pelayanan secara signifikan membentuk kompetensi pelayanan mahasiswa, baik dalam aspek teologis, pastoral, maupun kepemimpinan gerejawi. Faktor pendukung lainnya mencakup keterlibatan dosen, relevansi materi ajar, serta atmosfer spiritual kampus. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan model pendidikan teologi yang kontekstual dan aplikatif di lingkungan STT Pontianak.







