Pengaruh Kualitas Pendidikan Teologi terhadap Kompetensi Pelayanan Mahasiswa Tingkat Akhir: Studi Lapangan di STT Pontianak, Kalimantan Barat

Studi Lapangan di STT Pontianak, Kalimantan Barat

Penulis

Rostiani Rostiani
Sekolah Tinggi Teologi Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.51465/1kcvmf85
Kata Kunci: Pendidikan teologi, kompetensi pelayanan, mahasiswa tingkat akhir , STT Pontianak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pendidikan teologi terhadap kompetensi pelayanan mahasiswa tingkat akhir di Sekolah Tinggi Teologi (STT) Pontianak, Kalimantan Barat. Pendekatan yang digunakan adalah mix methods, yaitu gabungan metode kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan dosen dan mahasiswa tingkat akhir serta dokumentasi akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas kurikulum, metode pengajaran, dan pengalaman praktik pelayanan secara signifikan membentuk kompetensi pelayanan mahasiswa, baik dalam aspek teologis, pastoral, maupun kepemimpinan gerejawi. Faktor pendukung lainnya mencakup keterlibatan dosen, relevansi materi ajar, serta atmosfer spiritual kampus. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan model pendidikan teologi yang kontekstual dan aplikatif di lingkungan STT Pontianak.

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2025-06-30

Terbitan

Bagian

Artikel

Cara Mengutip

Pengaruh Kualitas Pendidikan Teologi terhadap Kompetensi Pelayanan Mahasiswa Tingkat Akhir: Studi Lapangan di STT Pontianak, Kalimantan Barat: Studi Lapangan di STT Pontianak, Kalimantan Barat. (2025). Jurnal Teologi Praktika, 6(1), 94-107. https://doi.org/10.51465/1kcvmf85

Template Artikel

Reference Management Tools

Mendeley
 
Zotero

Akreditasi

 

Kata Kunci

Membership

 

Visitor Statistic